jQuery: Mainan Baru, nih! Ga mutu!

26 Jan 2009

Bagi yang sering mengunjungi detiknews, pasti ngerti kalo sekarang ada ‘anak situs’ baru bernama detikPemilu. Kebetulan dapet tugas nggarap ini situs. Tentu saja ada kesan pesannya, seperti berikut ini:

  1. Jam 10 pagi submit desain untuk direview, jam 12 mau beranjak makan siang, ketemu bos besar di tangga, langsung ngomong review singkat: “Elek, pol”. Akhirnya makan dengan terburu-buru karena udah ga selera :D wahahaha!
  2. Disuruh cari warna yang ‘netral’ ga mendukung parpol tertentu. Oke, mas: “Item aja!”, “Halah, item ada PKS tuh!”, “Ya, sudah! Abu-abu aja! Item ngga, putih juga ngga. Mana ada Partai yang ragu-ragu”. Dan akhirnya desain bertahan selama seminggu dengan suasana yang abu-abu. Pas sudah diajukan… “Kok suram, yah!? Ganti!” Ye alooo… :D wahahaha… akhirnya peristiwa ini saya tuangkan ke komik berikut ini: http://cssasyik.com/2008/12/warna/ Jadilah warnanya seperti sekarang in.
  3. Cari cara supaya bisa bikin peta pemilu interaktif. Sumbernya ada beberapa, mulai dari peta pilpres AS sampai dengan peta punyanya saingan2 Detik. “Oke, keliatannya O******.com bagus, pake ini aja”.Dan gw pun berpikir bagaimana menerapkannya dengan Flash. Eh, alih2… “ga boleh pake flash, ntar ada browser yg ga support”. Hmmmh… ingin rasanya menggerutu dan membodoh2i orang yang memakai Internet Explorer 6 ke bawah. Namun apa daya market share IE 6 di detik masih signifikan! Arrgh! Aho! Kemudian, timbullah mainan baru :D

Mainan baru ini namanya jQuery. Ada yang bilang ‘j’ nya asalnya dari Jew, tapi sebodo amat, yang penting makenya gampang!. jQuery ini adalah library untuk javascript. Berbagai fungsi javascript dicompile jadi satu sehingga developer bisa callback function tersebut hanya dengan sedikit syntax. Bikin kode dengan jQuery paling sedikit bisa 1 baris :D (ga maen kompres2an, cuman memang karena syntaxnya simple). Jadilah sebuah peta mungil yang namanya Peta Pemilu!

Kemudian, setelah detikPemilu live, bos pun berkomentar tentang Peta tsb: “Mainan ga mutu!” Wakakakak :D


TAGS mainan ga mutu elek pol


Comment
-

Author

Follow Me