Database Error » Ada Yang Lebih Parah?

27 Mar 2008

Error nihMungkin anda berpikiran kalau setiap rumah blog bertanggung jawab atas pengelolaan database dari setiap blog yang dikelolanya. Sebagai penyedia blog, sudah sepantasnya pertanggungjawaban tersebut ada di dalam term of service mereka, begitu juga dengan BlogDetik. Posisi BlogDetik sebagai penyedia Blog lokal memberi keuntungan konsumen(blogger) apabila mereka hendak mengajukan klaim. Tapi bagaimana dengan pemilik blog yang menggunakan hosting gratisan? Posting ini saya tulis untuk berbagi pengalaman dengan hosting yang tidak bertanggungjawab atas kegagalan tersebut alias “database error”.

Bagi para blogger sekalian yang memiliki banyak blog pasti merasa kecewa apabila hasil posting selama bertahun-tahun sirna. Agar tidak kaget di kemudian hari, berikut ini screenshot blog saya:

database error wordpress

Berapapun pesan yang saya kirimkan melalui email ke admin hosting tersebut akan percuma. Saya tidak terlalu berharap banyak dari hosting yang memberikan pelayanan secara gratis. Betapa saya tidak mampu menolak sebuah penawaran hosting sebesar 5 gigabyte secara percuma tanpa adanya embel-embel iklan dan fitur yang tanpa batas! Ooh… tentu anda juga tergiur dan segera mencari-cari alamat email saya untuk menanyakannya. Sama seperti iklan-iklan operator seluler yang marak dengan harga menggiurkan namun servis yang tidak memuaskan.

Untung saja saya sudah mengambil tindakan pencegahan dengan membuat backup database setiap hari. Setiap hari? Ya! Dengan adanya plugin WP-DB-Manager dari Wordpress, semua itu bisa dilakukan. Plugin tersebut mampu mengatur kapan dan dimana backup database akan dilakukan. Dan saya bisa mengaturnya supaya setiap backup dikirim ke email saya. Tentu saja, plugin ini hanya bisa dipasang di blog dengan hosting pribadi. Untuk Blogdetik? Saya rasa tidak perlu, karena selalu ada petugas yang senantiasa mem-backup server setiap hari.

Nah, lain kali jangan sampai kaget melihat gambar di atas :D . Tetap tenang dan restore database seperti biasa.


TAGS blog database error 1 Blogroll


-

Author

Follow Me