Post via Email - Blogdetik.com - Bagian Kedua

22 Feb 2008

Blog via emailDi review Blogdetik yang kedua ini, kita akan membahas Post via Email. Fitur yang satu ini seharusnya wajib dimiliki oleh setiap rumah (host) blog. Dengan mengaktifkan fitur “Post via Email”, tentunya para blogger bisa menghemat waktu untuk menulis sebuah post. Apalagi dengan perkembangan handphone jaman sekarang yang memudahkan kita untuk mengirim dan menerima email dari handphone, kita bahkan bisa membuat post semudah mengirim SMS. Tentu saja kualitas post kita tidak akan sebagus kalau kita menulis dari fitur yang disediakan oleh blog, tapi siapa yang tidak tergiur dengan kepraktisan teknologi blogging masa kini.

Saat post ini ditulis, Blogdetik belum mengaktifkan fitur tersebut (Post via Email). Hal ini termasuk lumrah, mengingat resiko SPAM (pesan tak diharapkan - umumnya bersifat promosi produk) massal yang akan mengakibatkan kondisi server menjadi tidak stabil dan sering “down” (mati). Tetapi jika fitur ini diaktifkan, bayangkan kemudahan yang bisa diperoleh dengan “mobile blogging” (ngeblog dengan menggunakan handphone atau piranti mobilitas tinggi lainnya). Setiap blog bisa menjadi seperti DetikCom, dimana berita-berita nya selalu update dalam hitungan detik. Blog anda pun bisa seperti ini, dengan diaktifkannya Post via Email.

Post via email

Apabila fitur ini sudah dinyalakan, hal yang perlu anda punya adalah sebuah account email yang mendukung fitur POP3 (sebuah aplikasi yang men-download email apabila pemilik mengakses email) secara gratis. Saat ini akun email yang paling banyak digunakan adalah GMAIL. YAHOO! Mail yang gratis saat ini tidak mendukung fasilitas POP3, hanya akun YAHOO! Mail premium yang mendukung POP3.

Setiap Email yang anda kirim ke dalam akun ini akan dianggap sebagai POST oleh Wordpress dan akan dimasukkan ke kategori default secara otomatis. Hal yang perlu anda perhatikan adalah username dan password di halaman ini jangan sampai terlihat oleh orang lain karena potensi untuk melakukan SPAM sangat tinggi, walaupun Wordpress memiliki fitur anti spam, anda tentunya tak ingin melihat Post dari orang lain muncul di blog anda. Bagi seorang blogger profesional, reputasi adalah nomor satu.


TAGS post email blog


-

Author

Follow Me